Jembatan Barelang

jembatan barelang - Adhitya MasdaKali ini kita muter-muter dulu di Jembatan Barelang cuy, let’s go…!!! Tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian yang tinggal di daerah Kep.Riau dan sekitarnya tentang jembatan Barelang. Yaitu sebuah jembatan yang menghubungkan pulau Batam – Rempang – Galang. Makanya banyak orang yang menyebut nama jembatan ini dengan sebutan Barelang. Sebenernya bukan hanya ketiga pulau itu yang terhubung oleh jembatan Barelang, akan tetapi ketiga pulau itulah yang paling besar diantara pulau-pulau lainnya. Jembatan Barelang dibangun pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 dengan biaya Rp.400Milyar. *kira-kira kalo dibeliin es cendol bisa buat renang kali ya?? :mrgreen: * Berikut ini data-data mengenai serangkaian Jembatan Barelang.

BARELANG | Adhitya Masda

  1. Jembatan I, mempunyai nama Jembatan Teuku Fisabillillah, jembatan ini merupakan jembatan terbesar diantara jembatan-jembatan lainnya. Jembatan ini mempunyai model yang mirip Golden Gate San Fransisco. menghubungkan P.Batam dengan P.Tonton memiliki panjang lebar tinggi 642 x 38 x 350 m.
  2. Jembatan II, mempunyai nama Jembatan Narasinga, menghubungkan P.Tonton dan P.Nipah, memiliki panjang lebar tinggi 420 x 15 x 160 m.
  3. Jembatan III, mempunyai nama Jembatan Ali Haji, menghubungkan P.Nipah dan P.Setokok, memiliki panjang lebar tinggi. 270 x 45 x 15 m.
  4. Jembatan IV, mempunyai nama Jembatan Sultan Zainal Abidin, menghubungkan P.Setokok dan P.Rempang, memiliki panjang lebar tinggi 365 x 16,5 x 145 m.
  5. Jembatan V, mempunyai nama
    Jembatan Tuanku Tambusai, menghubungkan P.Rempang dan P.Galang, memiliki panjang lebar tinggi 385 x 31 x 245 m.
  6. Jembatan VI, mempunyai nama Jembatan Raja Kecil, menghubungkan P.Galang dan P.Galang Baru, memiliki panjang lebar tinggi 180 x 9,5 x 45 m.

     Gw yakin dibenak kalian semua pasti muncul pertanyaan seperti ini “Emang lu udah pernah ngukur tuch panjang lebar tinggi Jembatan Barelang gan???” gubraaak…!!! Gw nggak pernah ngukur, tapi tanya ama tukangnya. xixixi… Sekedar numpang nampang dan info nggak penting ne foto terakhir kalinya gw maen ke jembatan barelang.

jembatan barelang - Adhitya Masda
pengen lihat sunrise, gw bela-belain berangkat jam 4 pagi ๐Ÿ˜€

jembatan barelang - Adhitya Masda

     Kapan ya gw bisa maen ke Batam lagi…. ๐Ÿ˜ฆ

Advertisements

57 Comments

Filed under Nostalgila

57 responses to “Jembatan Barelang

  1. jiah… acik nya yg jalan2….

    dree kapan bisa ke batam yak???

  2. Saya lom pernah kesana, tapi pernah dapet oleh2 dari kk ipar yang ada di batam sana cap jembatan balerang, lumayan lah jadi tau kalo ada nama jembatan balerang hehe

  3. Ach iya, jembatan ini selalu menjadi cerita teman yang berasal dari Kepri, ternyata Barelang itu singkatan, teman tidak pernah cerita.

  4. wew.. nice info….
    kpn kesana yaks???

  5. loe tinggal di Riau ya? berarti dekat denga mas Zulfa/http://kalabang.wordpress.com/

  6. Aku aja yang tinggal di Riau belum pernah ke sana, abisnya di sana nggak ada kepentingan dan nggak ada saudara sih..
    Makasih Mbak Erwin..

  7. mudah2an bisa ke sana – wah termasuk yang beruntung bisa menyaksikan sunrise

  8. ntar kalo sempat ke sana mau foto-foto juga ๐Ÿ˜›

  9. wah, belom pernah ke sana nieh. jadi pengin ke sana

  10. fai

    400 miliar? wowwwwwwwww a lot of money yah, kikikikiiiii

  11. Kasian yg ngambil photo, pasti kecapek’an jongkok …hehe..

  12. belum sempet kesana aku. hahahaha…..
    hayo sudah pernah ke jembatan suramadu kagak??? ๐Ÿ˜€

    • Waduh… meskipun gw asli jawa timur tapi gw lum pernah kesana gan, hahaha, gw lahir+besar di Madiun tapi sekarang job luar pulau terus… ๐Ÿ˜€

  13. bintang

    dooohh indahnyaaaa,
    jadi pingin lewati jembatan Barelang jalan kaki ๐Ÿ˜†
    *impian orang gila :mrgreen:

  14. keren gaan…… ternyata ada banyak jembatany… baru tau…. ๐Ÿ˜ฎ

  15. soe

    jah telah, taon kemaren gw di batam tak sempat ke sono… ah…..

  16. wow! jam 4 pagi! tekat yg hebat ๐Ÿ™‚
    Ternyata perkembangan infrastruktur Indonesia berjalan cukup baik.

    salam kenal,
    classically

  17. Duh, enak nih yang sudah sempat ke jembatan barelang. Pasti pemandangan sekitarnya oke banget dilihat dari jembatan tsb. Jadi pengen kesana juga nih. Tapi kapan ya?

  18. Wow cantik nian tu jembatan, Mas. Cocok untuk nongkrong sambil nunggu maghrib tiba.

  19. kapan blue bisa diajak kesana bang.hehehe
    salam hahgat dari blue

  20. jadi pengenn jalan-jalan kesitu, liat pemandangannya kayaknyaa baguss.tapi ada larangan utk mobil/motor yg ingin berhenti liat pemandangan dipinggir jalan jembatannya gag ka’..? salam kenal

    • Peraturan dibuat untuk dilanggar, itu udah kodrat di Indonesia, tiap hari minggu hampir tidak ada tempat untuk lewat, cause semua yang berkunjung parkir motornya dipinggir jalan, karena disana nggak ada parkir khusus di luar area jembatan, rame banget dah pokoknya… ๐Ÿ˜€

    • waduh kalo masalah itu gw nggak tau gan, mungkin cari jangkrik kale? wkwkwkwk :mrgreen:

  21. wadih mantap sekali tuh… kapan yah saya bisa kesana…? salam kenal Boss ๐Ÿ™‚

  22. Red

    gambar2nya kurang banyak sob ๐Ÿ˜› terutama yg blink2 ๐Ÿ˜›

  23. Tari-ssi

    wahhhh keren banget ya, jadi kebanggan orang batam nih kayaknya jembatan. kalo ke batam tempat pertama yg pengen gua kunjungi juga.

  24. hei, kita punya golden gate kaya san fransisco. hebat. 8 jembatan menghubungkan pulau-pulau. keren….

  25. Wah, keren-keren ya..
    Harusnya yang begini nih, dipromosikan terus supaya Indonesia keliatan cantiknya ๐Ÿ™‚

  26. halooo salam blogger Indonesia ^^
    apa kabar kawan?
    yuukk, mampir ke blog pelangii, jangan lupa tinggalkan jejak dan komentar ya untuk tulisan pelangi yang satu ini…

    http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/08/24/welcome-to-the-next-city-2010-%E2%80%9Cjelajah-kota-depok-2010%E2%80%9D/

    karena ini sedang diikutkan lomba, doakan semoga menang yaaa ^^
    terima kasihh^^

    salam,
    pelangiituaku

  27. Wadah, saya belom pernah ke Batam euy…. ๐Ÿ˜ฅ

  28. selamat pagi

    kalo gak salah,
    waktu acara konser ClasMild talkless do more,
    Andra Backbone pernah manggung di jembatan ini.
    keren !!

    terima kasih dan mohon maaf ๐Ÿ˜ฎ

  29. Wow, jd kpengen nih kesitu…
    jembatannya mantep jg tuh…

    pa kbr sobat?

  30. wah, saya tau sih. tapi kok ngeliat gambar-gambarnya bikin bangga ๐Ÿ˜€

  31. jembatanyya cakep-cakep, pemandangannya juga cakep tuh..

    hmmm, jd pingin ke batammm ๐Ÿ˜ฆ

  32. ajak2 bro
    kalo mau ke batam
    eeheheheh
    bolehlah ikut
    heheh

  33. PL

    wuiih, jembatannya kaya itu ..
    tenggeng bujur sobat ai

  34. mampir lagi gan… he he he he ๐Ÿ™‚

    Salam

  35. Itu made in Indonesia ya mas.

  36. baru tahu saya hihihi :lolL

  37. jembatan yang keren gan..kapan bisa ke batam ๐Ÿ˜€

  38. jauh amir…..Riau bok.
    Liat di gambar aja kali ya??
    Nice info tapi,bsk kalo ak bisa ke batam mampir ah…

    salam kenal ๐Ÿ™‚

  39. dree mampir lagi…. siang….

  40. wah aku lom futu disono, kalo lewat nanti mau foto ah, selamat berbuka puasa ya

  41. bagus ya, nggak kalah dengan negara lain.
    Sob, tukeran link yuk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s